Frequently Asked Questions

Layanan

Siapa orang dibalik DOM Cloud?

Saya sendiri.

Bagaimana model hosting DOM Cloud?

Kami menggunakan model Shared Cloud Hosting dimana satu server dibagi untuk banyak user dan setiap user memiliki privasi ruang hosting sendiri-sendiri. Hal ini tentu membuat biaya hosting di internet lebih terjangkau.

Kenapa bisa sangat murah?

DOM Cloud tidak mempunyai staf tetap, dan tidak memiliki server khusus, sehingga semua keuntungan diambil dari DOM Cloud hanya digunakan untuk mengganti biaya server yang digunakan.

Spesifikasi server berbanding lurus dengan penggunanya, jadi apabila banyak orang yang menggunakan (dan membayar) maka semakin tinggi spesifikasi tersebut. Anda dapat mengecek spesifikasi server di halaman status

Bagaimana penanganan layanannya?

Karena hanya ditangani oleh satu orang, semua pelayanan dilakukan secara otomatis, termasuk proses registrasi, transfer, reminder, pembayaran, bahkan penghapusan akun.

Apabila anda butuh bantuan pada penanganan website anda, kami sarankan untuk meminta tambahan tangan pada ahlinya, atau minimal kepada developer atau operator website yang berpengalaman.

Namun apabila anda perlu bantuan dan anda adalah developer atau operator yang menangani website yang anda kelola di DOM Cloud, anda dapat menanyakan problem teknis melalui Email atau GitHub. Semua pertanyaan atau masalah akan dijawab dengan segera oleh ahlinya.

Bagaimana penanganan keamanan dan uptimenya?

Keamanan dan Uptime server merupakan hal serius. Karena kami menggunakan Digital Ocean, tiap hosting yang ditampung di DOM Cloud sudah termasuk weekly backup untuk full server dan uptime 99.99%. Kami juga membackup full database tiap 12 jam untuk mengantisipasi apabila terjadi kerusakan database yang serius, dan kami memasang Halaman Status yang dapat menotifikasi kami apabila terjadi downtime dan kami dapat memperbaikinya segera sebelum banyak orang mengetahuinya.

Namun perlu digatis bawahi meski dengan uptime 99.99%, downtime bisa saja terjadi karena faktor eksternal seperti maintenance atau DoS, sehingga kami tidak bisa menjamin uptime mengingat shared hosting pun banyak resikonya. Apabila anda berada di situasi dimana downtime memberi pengaruh besar pada bisnis anda, kami sarankan anda mencari solusi server lain yang didesain lebih resilient seperti VPS, Dedicated Server, Microservices, dsb.

Dimanakah letak geografis servernya?

DOM Cloud menggunakan server dari Digital Ocean. Saat ini kami hanya menyediakan server "SGA" yang berarti server singapura, lokasi yang terdekat dari Indonesia yang disediakan.

Meskipun secara logis bukan "Server Indonesia" tapi Singapura cukup dekat, hanya perlu sekitar 15 milidetik untuk roundtrip ke Jawa. Jadi anda tidak perlu khawatir masalah response time, bahkan servernya Google pun yang terdekat dari indonesia adalah server di Singapura.


Fitur

Apakah Paket Freedom benar-benar gratis?

Ya, paket Freedom benar-benar gratis dan berlaku selamanya. Anda hanya dibatasi dengan sejumlah storage dan bandwidth yang ditentukan, serta domain ekstensi yang dipakai.

Paket Freedom masih mempunyai masa tenggang namun masa tenggang tersebut masih bisa diperpanjang kapanpun anda mau. Kami menerapkan model demikian agar kami dapat mengetahui hosting mana yang masih dipakai atau tidak.

Apakah tidak ada layanan unlimited?

Unlimited bandwidth/storage hanyalah hoax. Setiap provider shared hosting yang melihat penggunaan disk/memori/cpu habis pada 1 hosting pasti akan memblokir hosting tersebut dengan segera. Itulah mengapa, selama tidak melanggar ToS, penggunaan CPU yang tinggi berbanding lurus dengan penggunaan bandwidth yang tinggi.

Apakah tidak ada layanan email?

Karena layanan email pada shared hosting beresiko tinggi dengan spam, kami tidak menawarkan layanan email saat ini. Silahkan menggunakan layanan gratis email lain seperti ForwardEmail atau SendInBlue.

Mengapa pakai Webmin daripada CPanel?

Karena CPanel adalah portal premium yang dikenakan 0.2 USD atau sekitar 3000 rupiah per user per bulan. Hal ini saja sudah jelas tidak sesuai dengan tujuan utama DOM Cloud yang bisa memberikan harga hosting sejangkau mungkin, apalagi gratis.

Selain itu menurut kami Webmin mempunyai tampilan yang lebih sederhana dan API yang lebih fleksibel daripada CPanel. Hal ini juga membuat kami leluasa memberikan fitur yang unik daripada provider hosting lain.

Mengapa pakai Nginx daripada Apache?

Karena Nginx lebih cepat dan sederhana. Anda mungkin akan terkejut apabila .htaccess tidak berpengaruh, karena itu hanya berdampak pada Apache. Untuk mengkonfigurasi server Nginx anda harus mengaturnya melalui portal hosting, di bagian tab Nginx.

Jangan khawatir, semua hal yang bisa dilakukan oleh .htaccess, bisa dilakukan pada konfigurasi Nginx. Anda hanya perlu mau untuk belajar sedikit tentang bagaimana cara konfigurasi Nginx yang benar.


Penagihan

Apa saja opsi pembayarannya?

Pembayaran anda diproses oleh iPaymu yang mendukung VA BNI / Mandiri, Gerai Indomart / Alfamart, serta layanan e-Wallet dalam LinkAja, OVO, Dana, GoPay, ShopeePay dan BCA Mobile.

Apabila anda kesulitan memproses pembayarannya, anda dapat mengirim email pada kami dan kami akan memberikan opsi transfer bank yang perlu dilakukan secara manual.

Apa saya mendapat notifikasi saat masa tenggang mau habis?

Anda akan mendapatkan notifikasi email apabila masa tenggang domain anda akan habis.

Sementara tidak ada notifikasi apabila masa tenggang hosting akan habis.

Apa saya mendapat mengganti nama domain?

Ibarat membeli tanah, anda tidak bisa mengganti nama domain yang sudah anda beli. Mohon berhati-hati sebelum membeli domain.

Ingat bahwa ini berbeda dengan hosting. Nama domain yang dipasang pada hosting dapat anda pindah semau anda asalkan anda masih memiliki domain tersebut.

Apa saya dapat upgrade saat menggunakan paket Freedom?

Ya, anda dapat menggunakan paket Freedom lalu meng-upgrade nya lain waktu sesuka anda.


Privasi dan Keamanan

Bisakah saya menghapus akun saya?

Ya, apabila anda tidak mempunyai hosting dan domain, anda dapat menghapus data profil anda sendiri.

Bisakah saya menghapus hosting atau domain saya?

Jika hosting tersebut menggunakan paket Freedom, anda dapat menghapusnya kapanpun anda mau. Jika sudah ada transaksinya (non Freedom), hosting tersebut tidak bisa dihapus kecuali sudah expired. Semua hosting yang menggunakan paket non-freedom tidak bisa kembali ke paket freedom.

Hal ini juga berlaku sama pada domain. Harus menunggu expired sebelum bisa dihapus. Semua hosting atau domain jika lewat kadarluarsa 2 minggu akan terhapus dengan sendirinya.

Apakah saya perlu menghafal password hosting saya?

Anda tidak perlu menghafal password hosting anda. Password tersebut tidak terenkripsi dan anda dapat melihatnya melalui tab Login di portal.

Anda mungkin merasa tidak nyaman saat mendengar password hosting "tidak dienkripsi". Namun meskipun dienkripsi dalam portal, password tersebut juga tidak dienkripsi pada server (lebih tepatnya Webmin), atau anda nantinya tidak bisa login pada portal webmin dan database.

Yang terpenting, jangan pernah memberikan password yang sudah anda pernah gunakan sebelumnya pada password hosting, karena kami bisa melihatnya. Jauh lebih baik jika dibiarkan random.

Ingat bahwa ini berbeda dengan password portal anda saat login. Password login portal anda tentu sudah kami enkripsi dengan algoritma modern. Jika anda tidak percaya ini, anda masih dapat login dengan akun pihak ketiga seperti Google atau GitHub.

Apakah data saya didalam server aman?

Data anda akan aman berada di server selama anda tidak memberitahukan password hosting anda kepada publik. Meski berada dalam satu shared server hosting, satu akun tidak bisa membuka data akun lain karena cara Linux file permission bekerja dalam level kernel.

Lalu bagaimana dengan kami? Sudah kami jabarkan diawal, DOM Cloud tidak mempunyai staf khusus. Tidak ada yang dapat mengakses server dalam akses root kecuali saya sendiri, dan saya sendiri tidak tertarik untuk menggeledah isi server kecuali hal fatal atau darurat terjadi (contoh serangan DoS atau pelanggaran ToS).

Lalu bagaimana dengan keamanan website anda sendiri? Sudah menjadi kewajiban anda sendiri untuk membuat website anda aman dari serangan internet. Namun apabila anda terlanjur terkena serangan yang membuat data server anda rusak (misal RCE atau SQL Injection) anda masih dapat meminta bantuan untuk mengembalikan server ke point backup sebelum kejadian fatal tersebut terjadi.

Sepertinya saya menemukan bug keamanan dalam sistem.

Mohon beritahukan pada kami sebelum disebar ke publik. Detail bug anda akan segera kami perbaiki. Mohon maaf karena kami tidak dapat menyediakan program reward atau bug bounty untuk saat ini.


Masalah Teknis

Bagaimana saya mengakses data Hosting?

Secara umum anda dapat masuk ke portal hosting (Webmin) melalui tab login di portal. Disitu anda dapat mengedit fitur hosting, subdomain, file, database, termasuk DNS.

Untuk akses spesifik anda dapat menggunakan PhpMyAdmin/PhpPgAdmin untuk database, FTP untuk modifikasi File, SSH untuk mengakses Terminal. Semua kredensial login sudah tersedia melalui tab login di portal.

Apa fungsinya deployment?

Deployment bisa dibuat sebagai template, bisa juga digunakan agar menyederhakan step-step yang biasanya umum dilakukan. Konsepnya mirip seperti Procfile di Heroku atau Dockerfile di Docker. Hanya saja anda juga dapat menggunakannya untuk memodifikasi hosting anda saat ini.

Deployment berformat YAML dan anda dapat menggunakan beberapa template yang ada atau mempelajarinya sendiri.

Bagaimana cara mengakses SSH?

Anda dapat menggunakan aplikasi SSH untuk mengontrol server melalui CMD/Terminal. Linux/MacOS biasanya sudah terinstall secara default. Untuk Windows ada caranya sendiri, kemudian anda dapat menyalin alamat ssh di login portal kemudian paste di terminal untuk mengaksesnya.

Saya mendapat memory error saat install Composer/NPM.

Ini dikarenakan keterbatasan memori dalam server. Installer butuh memori besar apabila lock file (composer.lock atau package-lock.json) tidak hadir, jadi pastikan file tersebut ada (anda dapat melakukan install di komputer anda lalu upload file lock nya ke server).

Saya mendapat cookie error saat membuka portal Webmin.

Ini karena keamanan cookie. Untuk menyelesaikannya anda dapat me-enter URL nya (bukan refresh), sehingga kelihatan form loginnya, lalu coba klik lagi. Me-enter URL tersebut digunakan untuk memancing cookie pertama kali.

.htaccess saya tidak berfungsi

Karena server memakai Nginx. Scroll up untuk membaca solusinya.

Saya tidak bisa login ke database

Jika anda tidak bisa login ke PhpMyAdmin/PhpPgAdmin berarti anda belum menyalakan fitur MySQL/PostgreSQL. Karena fitur tersebut opsional anda harus menyalakannya sendiri.

Untuk menyalakan database Anda bisa menyalakannya dengan cara melakukan deployment features: ['mysql'] atau features: ['postgres'] atau secara manual melalui portal Webmin, Edit Virtual Server, Enabled Features, Centang MySQL/PostgreSQL, lalu menambahkan database baru di menu Edit Databases

Jika anda bisa login ke PhpMyAdmin namun anda tidak bisa konek melalui PC anda, anda harus menambah akses ke IP address eksternal dengan cara masuk ke Portal Webmin, Edit Databases, Remote Hosts dan tambahkan %.%.%.% di baris berikutnya.

Saya tidak bisa membuka website melalui HTTPS

Jika anda bisa membuka website melalui HTTP namun tidak dalam HTTPS, anda perlu menyalakan HTTPS. Gunakan deployment berikut:

features: ['ssl']
nginx: {"ssl":"enforce"}

Hal tersebut akan mencoba verifikasi SSL melalui Let's Encrypt dan menyalakan HTTPS redirect sehingga website anda selalu menggunakan HTTPS.

Jika anda mendapati error ERR_CERTIFICATE_TRANSPARENCY_REQUIRED, itu biasanya karena efek website baru diverifikasi dan biasanya akan hilang sendiri dalam beberapa jam.

Tanya melalui GitHub!